Site Overlay

Tata Cara Ruwatan Anak Tunggal

ruwatan anak tunggal

Tata Cara Ruwatan Anak Tunggal – Ruwatan merupakan sebuah tradisi Jawa yang dilakukan sebagai pelepasan atau pembebasan dari malapetaka. Tradisi ini merupakan sebuah tradisi yang sangat sakral bagi masyarakat jawa yang percaya. Tidak sedikit yang mempercayai tradisi ini, bahkan saat ini masih sangat begitu banyak yang mempercayai ruwatan ini.

Terdapat begitu banyak golongan yang diharuskan untuk melakukan ruwatan, bahkan ketika Anda hanya memiliki satu orang anak saja maka Anda juga harus melakukan ritual tradisi ruwatan untuk menghilangkan kesialan yang ada pada diri anak Anda. Serta menjauhkan segala malapetaka yang ada pada dirinya. Sebab apabila Anda hanya memiliki satu orang anak saja dalam kepercayaan orang jawa, disebut sukerto.

Maka Anda harus melakukan ruwatan anak tunggal sebab arti dari sukerto adalah tidak membawa keberuntungan untuk keluarga tersebut. Maka dari itu anak tersebut harus di ruwat atau disucikan. Dalam kepercayaan jawa, seorang anak tunggal merupakan anak panas yang selalu dekat dengan malapetaka dan tidak membawa sebuah keberuntungan terhadap keluarga tersebut, maka Anda harus melakukan ruwatan untuk anak Anda.

Upacara ruwatan ini merupakan sebuah upacara sakral yang harus dilakukan secara lengkap. Ritual ini apabila dilakukan, maka Anda harus menyiapkan budget yang tidak terbilang sedikit. Sebab terdapat banyak rangkaian yang harus Anda lakukan untuk menyelesaikan upacara ruwatan tersebut. Tetapi tidak ada alasan untuk Anda tidak melakukan ini, sebab tentunya memiliki seorang anak tunggal merupakan hal yang sangat berharga.

Berikut ini tata cara ruwatan anak tunggal yang harus Anda lakukan, untuk membebaskan anak Anda dari kesialan dan malapetaka yang selalu menghampiri.

Persiapan

Hal pertama yang harus Anda lakukan pada ritual ruwatan untuk keselamatan anak tunggal sebagai anak sukerto adalah tentunya persiapan. Terdapat begitu banyak hal yang harus Anda siapkan, yakni sandingan yang berisi tebu ireng, padi satu genggam, kloso rangkep bantal, pepek, cokbakal yang berisi telur, bumbu lengkap, nasi, tumpeng, dan juga bunga. Kemudian Anda juga harus menyiapkan ikan wader pada ember berisi air dan kembang setaman.

Sandangan tersebut harus Anda bungkus menjadi satu sebagai puncak dari ruwatan. Hal lain yang harus Anda siapkan pada upacara ruwatan anak tunggal adalah sodakohnya yang berisi berbagai jenis makanan tradisional seperti tumpeng ayam panggang, jengang menir, jegang songkolo dan masih banyak lagi perlengkapan sodakoh lainnya.

Tampilan

Berikutnya adalah menampilan sebuah pertunjukan kepada orang berupa sebuah pertunjukan wayang dengan jalan cerita yang telah ditetapkan khusus untuk acara ruwatan bagi anak tunggal, baik perempuan maupun laki-laki.

Pelepasan

Pada tahap berikutnya adalah melakukan pelepasan, pelepasan ini dilakukan di sungai. Adapun yang dilepaskan adalah sebuah bahan sandingan yang telah disiapkan diletakkan pada satu wadah yang dibungkus. Serta dilepaskan untuk hanyut ke air sebagai pengiklasan dan pelepasan atas kesialan-kesialan yang ada pada anak tersebut

Pemasrahan

Pemasrahan merupakan tahap tradisi yang harus lakukan dengan benar-benar khusyuk. Anda harus memasrahkan segala sesuatu kepada sang maha pencipta untuk dilepaskan dari segala kesialan dan malapetaka yang selalu menghampiri.

Membaca Doa

Setelah Anda melakukan pemasrahan kepada sang pencipta dan pemilik skenario terbaik maka Anda harus memanjatkan doa serabat istiqaroh yang dilanjutkan dengan membaca doa sapu jagat sebagai penutup dalam ritual ruwatan yang Anda lakukan.

Itulah tata cara yang harus Anda lakukan apabila Anda ingin melakukan ruwatan anak tunggal sebab sebuah kepercayaan adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan karena apabila tidak dilakukan akan berdambak dan menimbulkan kekhawatiran kepada Anda sepanjang waktu.

Penjelasan lebih lengkap mengenai Ruwatan Sengkala – KLIK DI SINI

Konsultasi Serius tentang Masalah Anda dengan Pakarnya Ki Sabrang Alam, Silahkan hubungi kontak di bawah ini :

081 226 888 103 ( WA / Telpon / SMS )

Author: Ki Sabrang Alam

Ki Sabrang Alam lahir dengan nama Asli Feri Fadly dikenal sebagai seseorang yang mampu untuk keluar masuk ke alam ghaib dalam waktu seketika. Tanpa perlu ritual ataupun bertapa. Keahlian yang unik ini merupakan bakat bawaan sedari lahir yang di berikan oleh Tuhan kepadanya. Oleh karena itulah di lingkungan sekitarnya, Kang Feri sering diminta untuk memimpin ritual ruwatan, menangani rumah yang berhantu, mengobati orang kesambet ( ketempelan jin) dan juga mengatasi kesurupan. Profil selengkapnya bisa Anda baca di website official Ki Sabrang Alam. Klik di Sini - www.KiSabrangAlam.com