Artikel Informatif Tentang Ruwatan Sengkala ( Cara Buang Sial )
ruwatan, ruwatan sengkolo, ruwatan sengkala, cara buang sial dengan ruwatan

Artikel Informatif Tentang Ruwatan Sengkala ( Cara Buang Sial )

Apa Itu Ruwatan Sengkala ?

Memang, sebagai penduduk Indonesia, kita tentu tidak asing lagi dengan istilah ruwatan. Terutama Anda yang berada di pulau Jawa, tentu sudah paham mengenai ruwatan. Ruwatan merupakan bagian dari adat istiadat masyarakat Jawa. Ruwatan sering kali di gunakan sebagai sarana atau ritual untuk membuang sial atau menjauhkan diri dari mara bahaya. Baca Selengkapnya - Klik di Sini.

 

Mengapa Menggunakan “Garam” Sebagai Media Ruwatan Sengkala ?

Dalam melakukan ritual ruwatan, setiap daerah memiliki ritual ruwatan yang berbeda-beda. Namun, proses ruwatan tersebut hanya bisa di lakukan oleh orang-orang yang memiliki kewaskitaan tingkat tinggi. Orang yang dimaksudkan yakni orang yang memiliki pengetahuan serta kemampuan yang mumpuni tentang ruwatan.

Umumnya, tata cara penyelenggaraan ruwatan di lakukan dengan menyediakan berbagai syarat dan aturan yang harus di penuhi. Seperti menyelenggarakan pertujukan wayang semalam suntuk, ubo rampe (sesajen), menyediakan bunga setaman, air dari 7 sumber mata air, melakukan ritual puasa, menyediakan minyak atau wewangian (dupa). Baca Selengkapnya - Klik di Sini.

 

Siapa Yang Perlu Melakukan Ruwatan Sengkala ?

Menghilangkan Sengkolo (kejelekan) dalam tradisi Jawa, atau yang lebih di kenal dengan Ruwatan merupakan salah satu cara agar terhindar dari segala keburukan dan ketidakbaikan, maupun bencana. Tradisi ruwatan ini ternyata sudah di kenal sejak jaman nenek moyang kita, bahkan sebelum masuknya agama di tanah Jawa.

Ya, tradisi ruwatan telah di kenal luas sebagai salah satu bagian ritual yang di miliki oleh suku Jawa. Namun, perlu Anda ketahui bahwa di daerah maupun suku lainnya juga memiliki tradisi yang serupa dengan ruwatan. Yakni tujuan serta maksud di selenggarakan ruwatan. Hanya saja sarana, tata cara serta medianya saja yang berbeda dan tidak sama dengan yang di gunakan masyarakat Jawa dalam menyelenggarakan ruwatan. Baca Selengkapnya - Klik di Sini.

Produk Ruwatan

Hubungi Kami

ruwatan, ruwatan sengkala, cara buang sial dengan ruwata