Apa Itu Ruwatan Sengkala ?
ruwatan, ruwatan sengkolo, ruwatan sengkala, cara buang sial dengan ruwatan

Apa Itu Ruwatan Sengkala ?

Memang, sebagai penduduk Indonesia, kita tentu tidak asing lagi dengan istilah ruwatan. Terutama Anda yang berada di pulau Jawa, tentu sudah paham mengenai ruwatan. Ruwatan merupakan bagian dari adat istiadat masyarakat Jawa. Ruwatan sering kali di gunakan sebagai sarana atau ritual untuk membuang sial atau menjauhkan diri dari mara bahaya.

 

Apa itu Ruwatan ?

Ruwatan Adalah sebuah Tradisi Jawa yang berupa ritual, ritual ruwatan digunakan sebagai sarana pembebasan dan penyucian, atas dosa/kesalahannya yang bisa mengakibatkan kesialan di dalam hidupnya. Pada dasarnya, ruwatan merupakan cara yang di lakukan untuk melepaskan diri ataupun lingkungan dari pengaruh energi negatif yang sering menimbulkan sengkala (kesialan).

Hingga kini, upacara/ritual ruwatan masih di gunakan oleh Masyarakat Jawa. Dalam masyarakat Jawa, upacara ruwatan ini di lakukan dengan berbagai macam upacara yang perlu di jalani. Ritual ruwatan dilakukan dengan mengadakan pertujukan wayang kulit dengan tema Murwakala. Hal tersebut dimaksudkan untuk pembebasan diri yang telah ternoda, agar menjadi suci kembali.

Untuk pagelaran wayang kulit dengan tema Murwakala biasanya diperlukan perlengkapan sebagai berikut :

 

Selain memerlukan peralatan untuk pagelaran wayang kulit, Anda juga memerlukan sesajen berupa:

 

Selesai upacara ngruwat, bambu gading yang berjumlah lima ros ditanam pada kempat ujung rumah disertai empluk (tempayan kecil) yang berisi kacang hijau , kedelai hitam, ikan asin, kluwak, kemiri, telur ayam dan uang dengan diiringi doa mohon keselamatan dan kesejahteraan serta agar tercapai apa yang dicita citakan.

Memang, upacara ruwatan di atas adalah ritual ruwatan yang semua sesajen serta langkahnya telah sesuai dengan adat istiadat Jawa jaman dahulu. Oleh karena itu, Ki Sabrang Alam memberikan ruwatan sengkala yang jauh lebih mudah di lakukan.

Dengan melakukan ruwatan, kehidupan Anda akan menjadi lebih baik di bandingkan sebelumnya. Lebih dekat dengan kesuksesan, lebih beruntung dalam segala urusan, mudah mendapatkan jodoh, mengharmoniskan hubungan rumah tangga Anda, serta membuka peluang menuju kesuksesan dalam hidup. Kontak Kami - Silahkan Klik di Sini.

Produk Ruwatan

Hubungi Kami

ruwatan, ruwatan sengkala, cara buang sial dengan ruwata